Perihnya Perang

Foto ini salah satu foto yang dipajang di Museum Nagasaki, bagian dari sebuah sejarah kelam dunia, bom atom. Saya mendatangi museum ini sekitar bulan November 2015.

Selain foto itu, banyak barang serta foto-foto mengerikan lainnya yang menggambarkan dampak dari bom atom yang diledakan di Jepang pada tahun 1945.

Di Museum tersebut nampak barang-barang peninggalan perang. Beberapa foto mengenai korban keganasan bom di pajang di berbagai sudut. Sungguh mengerikan, termat perih peperangan itu.

Terlihat jelas bahwa perang tidak sekedar menyiksa ketika terjadi, namun juga menyisakan cerita-cerita pilu setelahnya.

Permbangunan dan perbaikan selepas kehancuran butuh waktu yang lama dan proses yang tak sebentar.

Saya tidak sedang mengajak untuk membahas sejarah perang dunia, saya hanya ingin mengulik hati kita semua tentang betapa peperangan selalu punya cerita menyedihkan. Entah itu perang pada jaman dahulu hingga yang terjadi akhir-akhir ini.

Masihkan kita mau perang? Bersedia kah kita menyajikan masa depan yang penuh duka pada anak cucu kita?

Jika tidak, mari berhenti mengasah kebencian antar kelompok, memperuncing perselisihan antar golongan atau memperlebar jarak persaudaraan antar pemeluk keyakinan

Di era modern, pertempuran dan pertumpahan darah diawali dari saling tidak bisa menerima satu sama lain, antar golongan, kelompok dan keyakinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here