Militer Prancis Latih Elang untuk Sergap Drone

LazNews! – Drone menjadi tekhnologi terkini yang cukup populer belakangan ini. Berbagai kalangan mempergunakannya, mulai masyarakat awam hingga militer.

Meski memiliki banyak fungsi, drone ternyata dipandang sebagai sebuah ancaman keamanan bagi sebuah negara. Seperti yang dilakukan oleh militer Perancis yang melatih burung elang untuk melindungi kawasan udara mereka dari drone yang ilegal.

Seperti dilansir oleh newatlas.com, Minggu (25/2/2017), pihak keamanan Perancis memelihara dan melatih elang untuk memburu drone yang dianggap membahayakan. Program ini sebelumnya dilakukan oleh kepolisian Belanda yang telah suskes melatih seekor elang botak untuk melindungi wilayah dari drone yang dianggap mengancam.

Pihak militer Perancis melatih para elang semenjak masih bayi, yakni tiga minggu selepas menetas. Mereka memberikan makanan pada bayi-bayi elang itu dengan cara meletakan pakan di atas drone yang rusak.

Hal itu adalah bagian upaya agar para elang tersebut nantinya akan menganggap drone sebagai makanannya. Sehingga dikemudian hari elang-elang tersebut memiliki insting untuk memburu drone.

Elang tersebut akan terlatih untuk memburu dan menjatuhkan drone. Selepas berhasil melumpuhkan drone, elang tersebut diberi imbalan daging untuk makanan mereka.

Burung perkasa ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki unggas lainnya. Matanya mampu melihat obyek yang jaraknya 2 kilometer dan terbang dengan kecepatan 80 km/jam.

Kecepatan serta ketajaman matanya akan membuat elang menjadi senjata yang cukup tangguh untuk melumpuhkan drone.

Guna memberikan keamanan terhadap elang-elang tersebut saat melakukan aksinya, militer Prenacis meberikan sarung di cakar-cakar mereka.

Selama 24 bulan, pihak militer Prancis akan melakukan uji coba dengan menempatkan elang-elang terlatih di di puncak gunung Pyrenees untuk mengamati ancaman drone yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here