Mengais Rejeki Lewat Menulis, Mau?

1,258 views

Mendapatkan uang dari menulis bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh saya yang secara kualitas masih sangat jauh dari kata bagus. Daripada menghabiskan waktu di internet untuk sekedar cuap-cuap tak jelas, mending mengais rejeki sekaligus belajar banyak hal.

Terkadang butuh keberanian dalam memulai sesuatu. Saya sendiri kaget saat disebuah perbincangan di group yang saya ikuti, ada sebuah tawaran untuk menulis dalam jumlah yang cukup banyak. Meski saya sempat ragu akan seperti apa, namun akhirnya saya putuskan untuk menerima tawaran tersebut.

Pekerjaanya sebenarnya¬†relatif tidak sulit, yakni menulis ulang artikel/berita berbahasa Inggris menjadi artikel/berita dengan bahasa Indonesia yang nyaman untuk di baca. Memang, bukan sekedar terjemahkan begitu saja, tetapi juga meraciknya hingga berita yang ditulis ‘cocok’ dengan pembaca Indonesia.

Terkadang sumber artikel hanya pendek, hingga harus dicari informasi tambahan atau sekedar dikasih ‘basa-basi’¬†untuk memenuhi jumlah kata minimal, yakni 250 kata per artikel. Bahkan jika sumber artikel sangat panjang, boleh ditulis hanya sampai 250 kata saja, asal tidak sampai menghilangkan poin utama dari sumber yang diterjemahkan tersebut.

Upah per artikel memang tidak banyak, namun bagi saya sudah cukup. Mungkin pertimbangannya adalah daripada nganggur dan juga sekaligus banyak belajar dari hal-hal baru. Misalnya saya harus mengerjakan artikel dengan topik yang sebelumnya saya tidak pernah ketahui sebelumnya. Apakah itu bukan keuntungan? belajar dan dibayar.

Pertimbangan lainnya adalah jumlah artikel yang sangat banyak, sehingga meski per artikel upahnya tak banyak, akan tetapi jika dikalikan dengan puluhan artilel, hasil akhirnya juga bisa buat banyar angsuran kredit rumah. hehehe…

Karena jumlah artikel yang dierjakan cukup banyak, jujur saya tidak sanggup mengerjakannya sendiri. Saya berniat berbagi rejeki dengan tema-teman yang lain yang ingin menghasilkan uang dari kemampuannya menulis dan menterjemahkan artikel.

Sila klik tautan ini untuk melihat contoh-contoh artikel yang dikerjakan. Jika memang berminat, maka pilih salah satu artikel yang ada di sana dan coba kerjakan sebagus mungkin. Setelah itu isi form dibawah ini dan masukan data serta hasil tulisan kalian.

Jika memang hasilnya saya anggap cukup bagus, maka nanti saya akan ajak untuk bergabung dengan team saya untuk mengerjakan project-project yang lain. Sila klik tautan ini untuk bergabung: Form Calon Penulis

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here