Media Sosial Membuat Penggunanya Terisolasi dan Kesepian

LazNews! – Salah satu dampak positif penggunaan media sosial adalah membuat kita terhubung dengan orang-orang secara virtual. Bahkan tidak peduli berapa jauhnya jarak, jika ada media sosial akan terasa sangat dekat dan akrab.

Namun, penelitian terbaru dari University of Pittsburgh School of Medicine yang dilakukan oleh Brian A. Primack dan rekannya menyebutkan jika orang-orang yang semakin sering menggunakan media sosial jadi makin merasa terisolasi atau kesepian.

Penelitian tersebut mengambil sampel sebanyak 1.787 orang dewasa dengan rentang usia 19 – 32 tahun dengan penggunaan 11 situs media sosial yang populer. Media sosial ini antara lain Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Google Plus, Tumblir, Snapchat, Pinterest, LinkedIn, Reddit, dan juga Vine. Penelitian ini sendiri dilakukan pada tahun 2014 yang lalu.

Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan jika mereka yang menggunakan media sosia lebih dari dua jam setiap harinya beresiko dua kali lebih besar mengalami kesepian daripada mereka yang menghabiskan waktu selama 30 menit setiap harinya di media sosial.

“Memang pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial, namun kehidupan modern malah cenderung membuat orang-orang seakan hidup sendiri dan terkotak-kotak. Meski terlihat media sosial seakan ‘melengkapi’ kekosongan kehidupan sosial namun itu bukan merupakan sebuah solusi yang diharapkan” papar Primack, dikutip di cnet.com.

Dalam hal ini, peneliti belum bisa memastikan apakan media sosial menjadi penyebab orang-orang kesepian, atau orang yang sudah kesepian menghabiskan waktunya untuk bermain di dunia maya.

“Tetapi, jika rasa kesepian datang terlebih dahulu, tidak seharusnya diatasi dengan menghabiskan waktu bermain di media sosial, meskipun ini nampak jadi solusi yang mudah dilakukan” papar Elizabeth Miller, Primack’s co-authors dan professor di University of Pittsburgh.

Penelitian lainnya yang juga rilis pada tahun 2014 dari Australia menunjukkan jika semakin sering seorang perempuan mengupdate status di Facebook, makin kesepian dia. Masalahnya, banyak sekali informasi di dalam Facebook yang dibuat dengan berbagai tujuan. Dan hal ini tentu saja akan mempengaruhi kehidupan.

Maka dari itulah, mari kita bijak menggunakan media sosial agar nantinya tidak akan terseret ke dalam hal-hal buruk yang terdapat di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here