Cara Menjadwal Ulang Pengiriman Paket di Jepang

805 views

Di Jepang saya mengenal tiga jasa pengirim paket. JP Post, Yamato Transport dan Sagawa. Ketiganya jika mengrimkan barang ke tempat tinggal kita sementara tidak ada yang menerimanya, maka mereka akan meninggalkan sebuah notifikasi berupa selembar kertas yang diselipin di pintu rumah.

Notifikasi ini fungsinya untuk membantu kita dalam melakukan permintaan pengiriman kembali sesuai dengan hari dan waktu yang kita inginkan. Di sesuaikan dengan keberadaan kita di rumah.

JP Post

Notifikasi dari JP Post biasanya berupa kertas panjang warna putih dan ada garis merah. Pada kertas tersebut akan ditempeli sebuah kertas yang berisi barcode dan beberapa keterangan laiinya.

Tepat di atas barcode terdapat sebuah informasi mengenai hari dan jam datang kedatangan petugas pengantar paket. Kemudian di sisi sebelahnya tertera tanggal kadaluarsa untuk permintaan pengiriman kembali. Artinya, permintaan re-delivery hanya bisa dilakukan sebelum tanggal yang tertera di situ.

Ada banyak cara untuk melakukan permintaan re-delivery dari JP Post. Bisa dengan telpon langsung ke customer service, datang ke kantor pos terdekat dengan membawa notifikasi tersebut, bisa juga melalui FAX dan banyak cara yang lainnya.

Saya sendiri mempergunakan cara paling gampang, yakni dengan memindai barcode yang ada dan kemudian mengisi formulir. Pada formulir akan diminta nama, nomer telpon serta waktu pengiriman yang diinginkan, yakni meliputi tanggal dan jam. Cara pemindaian dan pengisian formulir bisa di lihat di video di akhir tulisan ini.

Sagawa

Saya tidak pernah punya pengalaman cukup banyak dengan Sagawa. Sebenarnya bisa melalui website mereka, namun selama ini saya memilih untuk telpon ketika ingin mengatur jadwal pengiriman ulang ke rumah.

Pada kertas notifikasi yang ditinggalkan oleh kurir Sagawa ada dua nomer telpon. Pertama adalah nomer telpon sang kurir pembawa paket dan kedua adalah telpon dari customer service.

Jika masih dalam hari yang sama dengan kurir meninggalkan notifikasi tersebut, kita bisa langsung telpon kurirnya untuk dikirim ulang pada hari itu juga. Permasalahannya adalah soal bahasa, bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang, akan kesulitan untuk berkomunikasi. Sebab, rata-rata kurirnya tidak bisa berbahasa Inggris, apalagi bahasa Jawa.

Yamato Transport

Tidak jauh beda dengan kedua jasa pengiriman barang sebelumnya, Yamato juga menyediakan beberapa fasilitas untuk permintaan penjadwalan ulang pengiriman barang. Bisa melalui telpon maupun ke websitenya.

Yamato juga menyediakan customer service khusus berbahasa Inggris bagi yang tidak bisa berbahasa Jepang.

Akan tetapi, selama ini saya memanfaatkan website mereka untuk request re-delivery. Hanya dengan masuk situs mereka yang sudah tersedia bahasa Inggrisnya, kemudian mengisi form permintaan.

Respon Yamato biasanya cukup cepat. Tak lebih dari setengah jam, pihak Yamato akan telpon ke kita untuk menanyakan beberapa detil dari permintaan kita jika memang dirasa ada beberapa poin yang lupa kita sebutkan pada saat pengisian formulir.

Mengenai alamat website dan cara pengisian formulir di website bisa lihat video di bawah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here