Eko DJ Meninggal Dunia, Saya Merasa Hutangku Belum Terbayar

Innalillahi wa inna ilaihi roojiun, pelawak Eko DJ meninggal dunia. Ia menghembuskan nafar terkahirnya di rumahnya di Jalan Taman Malaka Selatan, Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Senin (27/3/2017) malam.

Setiap mendengar seorang komedian meninggal, terutama ia adalah yang pernah menjadi bagian dari grup lawak Srimulat, pasti saya merasa belum lunas hutang saya kepada mereka.

Srimulat merupakan group lawak yang cukup berkesan. Ribuan atau bahkan ratusan ribu tawa saya dihadirkan dari group ini. Pelawak-pelawak tersebut memberikan hiburan dan membahagiakan saya. Lewat dagelan-dagelan yang mereka hadirkan, kejenuhan dan kepenatan saya hilang, berganti dengan rasa santai yang peluh gelak tawa. Entah itu ketika sendirian, atau sedang bersama keluarga dan teman.

Saya selalu membayangkan betapa mulianya para pelawak-pelawak itu. Mereka bisa menawarkan kebahagiaan kepada penonton, memancing kegembiraan yang sangat mungkin membuat para audiensnya terlepas dari rasa penat dari kerja atau aktivitasnya selama seharian.

Komedian adalah sebuah pekerjaan yang bagi saya cukup mulia. Bagaimana tidak? Orang-orang yang sedih jadi lupa (meski kadang cuma sesaat) dengan kegundahannya. Kegaringan acara keluarga kemudian menjadi sangat renyah ketika diselingi dengan nonton acara lawak bersama.

Saya memang jauh dari informasi sebenarnya dari kehidupan pribadi mereka. Penilaian hanya pada apa yang mereka nampakan di panggung. Ketika mereka perform, keriangan penonton muncrat sejadi-jadinya. Itu sudah cukup bagi saya untuk menilai bahwa para pelawak-pelawak tersebut punya pekerjaan yang mulia hingga saya merasa punya hutang terimakasih kepadanya.

Maka ketika ada kabar Eko DJ meninggal dunia atau sebelumnya saya mendengar pelawak-pelawak lain juga tutp usia, saya bersedih karena masih punya hutang terimakasih. Saya mengingat-ingat, apakah saya pernah berdoa untuk saat mereka sakit, ketika mereka berjuang hidup di usia senjanya?

Mereka sudah pernah membuat saya tertawa, minimal membuat saya tersenyum geli, maka sudah sepantasnya saya berterimakasih, sudah selayaknya mereka saya doakan agar mereka selalu berbahagia.

Kabar Eko DJ meninggal dunia membuat saya menyempatkan diri untuk berdoa agar semua dosa-dosanya diampuni dan kebahagiaan-kebahagiaan yang pernah dihadirkan kepada saya dan masyarakat juga dibalas secara setimpal oleh Tuhan. Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here