Cara Mudah Bikin Kopi dengan Mesin Nescafe Gold Blend Barista

780 views

Nescafe Gold Blend Barista, sebuah alat pembuat kopi yang saya beli di toko barang bekas langganan saya. Salah satu hobi saya selama tinggal di Jepang adalah berburu barang-barang bekas di toko loakan.

Kali ini saya mencoba memberikan tutorial, cara mempergunakan alat yang bernama Nescafé Gold Blend Barista tersebut.

Alat ini memang didesain untuk mudah dipergunakan oleh orang awam sekalipun. Semuanya bisa dipasang tanpa perlu peralatan tambahan seperti obeng atau tang.

Ada tiga bagian paling utama dalam alat ini. Pertama adalah mesinnya itu sendiri, kedua adalah kontainer untuk meletakan kopi dan yang terakhir adalah tandon air.

Oh ya, coffee maker ini hanya bisa menggunakan kopi khusus yang dijual oleh nescafe. Sekarang sudah banyak dijual di supermarket.

Kontainer untuk meletakan kopi tersebut ada di bagian atas dari mesin, bisa dibuka dan kemudian dicabut begita saja. Selanjutnya, tutupnya diputar dan kopi bisa dimasukan.

Tempat tandon air ada dibelakang. Bisa diambil atau dipasang dengan sangat mudah. Gunakan air suhu normal, tidak perlu air panas. Bahkan kadang saya mempergunakan air kran untuk mengisinya.

Ketika kopi sudah masuk dan air telah telah terisi, maka mesin sudah bisa dipergunakan. Tentu saja jangan lupa colok dulu ke listrik.

Di bagian depan mesin Nescafe Gold Blend Barista terdapat enam tombol. Satu tombol di tengah dan ada lima tombol mengitarinya. Untuk tombol tengah adalah power, untuk menyalakan atau mematikannya.

Tombol paling atas gunanya untuk membuat espresso. Jika menekan tombol ini, maka kita bisa medapatkan 100 ml espresso. Sementara sebelah kanannya secara berturut-turut adalah untuk membuat Black Coffee. Bedanya, tombol yang atas untuk 200 ml Black Coffee, sementara yang di bawahnya untuk 250 ml.

Dua tombol lainnya, yakni di sebelah kiri tombol Espresso adalah untuk membuat Cafe Latte dan Coppuccino. Tombol yang atas untuk Cafe Latte, sedang yang bawah gunanya untuk Capuccino.

Untuk mengoperasikannya, silahkan tekan tombol power. Tunggu beberapa saat hingga semua lampu berwarna hijau. Selanjutnya tinggal pilih, kita ingin membuat kopi apa. Tekan tombol sesuai keinginan.

Alat ini cukup mudah untuk dioperasikan dan hasil kopinya juga lumayan. Meski demikian, saya lebih memilih kopi selir di warung kopi atau kopi hasil adukan istriku. Cuma kalo pas lembur dan butuh kopi segera, mesin ini cukup membantu hingga tak perlu bangunkan istri.

Silahkan menikmati hidup bersama secangkir kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here