Tempat Jajan Favorit Keluarga Selama di Kumamoto

783 views

Tinggal di Jepang, tentu tidak banyak pilihan tempat untuk beli makanan atau jajan yang selaras dengan status saya sebagai orang Islam. Mencari restauran yang halal tidak gampang. Mungkin hanya beberapa saja restauran yang menurut saya halal dan bisa dijadikan tempat nonkrong bersama keluarga atau teman.

Tentu saja, beragamnya pendapat mengenai kehalalan sebuah makanan membuat saya tidak berani menyatakan ke orang lain bahwa tempat makanan itu tidak haram. Keputusan saya memilih tempat tersebut berdasarkan banyak pertimbangan yang sifatnya ‘subjektif’ dengan bersumbu pada koridor-koridor hukum yang saya percayai.

Karena hal tersebut adalah bagian dari pencarian saya sendiri, maka saya amat sangat menghindari untuk menyatakan sebuah tempat tersebut pasti halal kepada orang lain. Keputusan saya tersebut hanya untuk diri saya dan keluarga saja.

Perdebatan dengan pihak lain pun saya hindari, karena saya memerdekakan siapapun untuk melakukan pencarian-pencarian sendiri sekaligus menetapkan mana yang halal atau haram.

Dari sedikit tempat jajan halal yang ada di Kumamoto, berikut beberapa tempat favorit saya dan keluarga untuk makan-makan.

Srilangka Curry

Tempat ini menyajikan kari ayam yang cukup khas. Istri saya yang suka makanan pedas sangat senang ke tempat ini lantaran ditawarkan beberapa level tingkat pedasnya.

Bagi saya, masakan di restauran ini cukup mendekati dengan rasa makanan dari Indonesia. Selain itu, jika makan siang ada bonus es cream yang sangat digemarin oleh anak saya, Nahla.

Hanamaru Udon

Murah meriah, mungkin itu gambaran yang bisa saya berikan untuk restauran ini. Harganya sangat terjangkau serta tempatnya yang tak terpaut jauh dari sekolahnya Nahla membuat saya sering mampir ke sini selepas menjemput sang bocah dari sekolah.

Dari banyaknya jenis mie asal Jepang, udon termasuk yang paling saya suka. Dibandingkan dengan ramen atau soba, udon lebih cocok bagi lidah saya.

Ichiba Sushi

Ini restauran sushi paling sering saya kunjungi. Harganya yang murah serta paling dekat dengan rumah membuat restauran ini termasuk favorit keluarga saya.

Kebetulan lidah dan pencernaan saya tidak terganggu dengan makan ikan mentah, sushi termasuk jenis makanan Jepang yang menurut saya cukup nikmat. Anak saya juga menyukai jenis makanan ini, terutama kepiting.

Joyfull

Saya jarang datang ke tempat ini bersama keluarga. Joyfull lebih sering saya gunakan sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman.

Dibandingkan dengan restauran lain yang saya sebatkan di atas, Joyfull relatif lebih mahal makanan-makanan yang disajikan. Akan tetapi, jenis makanan yang ditawarkan cukup beragam. Perihal rasa, bagi saya cukup lumayan untuk makanan-makanan ‘modern’ yang disajikannya.

Wifi gratis serta buka 24 jam membuat restauran ini jadi tempat favorit para mahasiswa. Sehingga tak jarang tempat ini cukup ramai, bahkan pernah saya harus antri beberapa waktu untuk menunggu meja kosong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here