Facebook Akan Ciptakan Alat Khusus yang Dapat Buat Anda Berkomunikasi Lewat Pikiran dan Mendengar via Kulit

© techspot.com

LazNews! – Perkembangan teknologi sering membuat orang terperanjak atau bahkan sulit mempercayainya. Misalnya saja mengenai informasi yang menyebutkan bahwa facebook akan mengembangan teknologi yang membuat seseorang bisa mengetik tanpa jari dan bahkan bisa mendengarkan menggunakan kulit.

Dikatakan ada-ada saja, ya, pada kenyataannya memang ada-ada saja. Dikatakan mustahil, untuk sekarang ini memang benar adanya, akan tetapi tidak ada yang dapat memprediksi masa depan.

Hal itulah yang mungkin menjadi pemikiran Facebook dalam merancang dan mengembangkan sebuah teknologi baru yang dapat mempersilakan setiap orang untuk dapat mengetik tanpa menggunakan jari, melainkan memakai pikiran dan mampu mendengarkan menggunakan kulit.

Seperti yang dikutip dari ScienceAlert.com (20/4/2017), perusahaan sosial media raksasa nomor satu dunia tersebut kabarnya sekarang tengah bekerja untuk membuat teknologi brain-computer-interface yang mana berfungsi untuk membuat seseorang dapat berkomunikasi hanya dengan menggunakan pikiran, seperti telepati.

“Suatu hari, kita akan membuat Anda semua untuk dapat berkomunikasi hanya dengan menggunakan pikiran saja,” ungkap CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Project tersebut merupakan program dari Facebook’s consumer hardware lab yang dikenal dengan nama Building 8 seperti yang pernah dipublikasikan Business Insider pada awal Januari lalu. Building 8 ini juga diperkenalkan saat Facebook menghadiri F8 Developer Conference di San Jose, California, Amerika Serikat, beberapa hari lalu.

Pimpinan project Building 8, Regina Dugan mengungkapkan bahwa dia memiliki tim yang berisikan 60 ilmuwan yang sedang bekerja untuk membuat suatu sistem, non-invasive yang mampu melakukan pengetikan 100 kata per menitnya hanya dengan menggunakan gelombang otak. Bahkan, sembari mengerjakan project tersebut, para ilmuwan juga bekerja untuk membuat sesuatu yang dapat mengirimkan bahasa untuk dapat dimengerti manusia menggunakan kulitnya.

Memang sekarang ini semua itu masih belum sepenuhnya jadi 100 persen, namun Dugan menegaskan bahwa di kemudian hari nantinya keduanya akan benar-benar menjadi produk nyata dari Facebook.

Dugan juga menjelaskan bahwa nantinya kedua project tersebut dapat membuat manusia untuk dapat saling bertukar informasi tanpa harus membuka mulutnya, jadi semuanya akan terekam dan tersimpan secara rahasia.

Belum jelas kapan facebook bisa merealisasikan teknologi tersebut. Akan tetapi jika memang itu nantinya benar-benar bisa terealisasikan, tentu akan menjadi sebuah temuan yang sangat menarik. (Dwi Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here