Robot Cheetah Ini Punya Kecepatan Lari Seperti Hewan Aslinya

400 views
© overclock.net

LazNews! – Mungkin Anda pernah melihat suatu robot anjing hasil ciptaan militer Amerika Serikat  yang diyakini dapat berlari secepat hewan aslinya dengan kekuatan yang menakjubkan, namun kini ternyata ada pesaing dari robot tersebut yang dikembangkan oleh seorang kandidat penerima gelar doctor dari University of Twente bernama Geert Folkertsma.

Seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (19/4/2017), Folkertsma telah menghabiskan waktu selama 4 tahun untuk menciptakan sebuah robot cheetah yang mampu menduplikasi kecepatan lari hewan aslinya. Akan tetapi yang menjadikan robot tersebut unik adalah hanya dibutuhkan sekitar 15 persen energi saja untuk dapat berlari kencang dibandingkan dengan cheetah asli.

Folkertsma menjelaskan bahwa robot cheetah buatannya itu memiliki panjang sekitar 30 cm yang mana dalam pembuatannya dia (Folkertsma) mempelajari segala hal tentang hewan aslinya melalui video dan kemudian melakukan analisis digital untuk mendapatkan data pergerakannya.

Tujuan dibuatnya robot cheetah ini adalah sebagai simulasi dari hewan aslinya dengan meniru tulang, bentuk dan persendiannya. Hanya saja, Folkertsma mengatakan bahwa projectnya itu belum sepenuhnya rampung dan hanya diperkirakan dapat bergerak seperti cheetah. Akan tetapi, robot itu tidak dapat meniru beberapa kemampuan cheetah, seperti memanjat pohon karena keterbatasan data dan banyak hal lainnya.

Folkertsma juga menjelaskan bahwa elemen kunci dari desain robotnya tersebut terletak pada bagaimana persendian dari setiap angkle bergerak. Di hewan aslinya, tulang belakang berfungsi sebagai penopang dan juga sumber energi yang dapat membuat cheetah berlari dengan kecepatan 97 km/jam dengan efisiensi yang sangat menakjubkan.

Selain itu, Folkertsma juga mengatakan bahwa ada perbedaan antara robot ciptaannya itu dengan robot-robot yang memiliki kemampuan berjalan yang sudah banyak dikembangkan atau diciptakan sekarang ini, yaitu terletak pada penggunaan dan pemaksimalan tulang belakangnya.

“Perbedaan utama antara robot bergerak sekarang ini dengan robot cheetah buatan saya adalah terletak pada tulang belakangnya. Kita mencoba untuk mengimitasi hewan sebenarnya di mana cheetah memiliki kemampuan untuk menyimpan banyak energi di dalam otot mereka untuk dipergunakan nanti,” ungkap Folkertsma.

Robot cheetah buatan Folkertsma ini memiliki bobot hanya 2,5 kg saja yang mana 20 kali lebih ringan dibandingkan dengan hewan aslinya. Tidak hanya itu saja, bentuknya juga 4 kali lebih kecil dari cheetah. Dalam hitung-hitungan yang dilakukan Folkertsma, diperkirakan robot cheetah buatannya itu mampu berlari secepat 20 km/jam. (DA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here