Inilah yang Membuat Kecoak Sulit Dibasmi

© slayallpest.com

LazNews! – Kecoak dikenal mampu melahirkan tanpa ada proses perkawinan (aseksual) atau partenogenesis. Namun sayangnya, hingga sekarang belum diketahui apakah faktor utama yang dapat membuat serangga tersebut dapat menghasilkan keturunan tanpa proses pembuahan. Periset Jepang dari Universitas Hokkaido mencoba untuk mengungkapkan teka-teki ini.

Para peneliti melakukan pengujian menggunakan 11 set eksperimen yang terdiri atas berbagai kelompok kecoak Amerika di setiap set, di mana kelompok kontrol terdiri dari kecoak jantan dan betina dalam satu wadah. Sedangkan lima set terdiri dari kecoak betina yang masih perawan dan lima set lainnya adalah kecoak jantan yang telah dikebiri.

Selain itu, para periset juga menambahkan feromon betina (zat yang disekresi oleh hewan betina yang masih perawan) pada wadah penampung kecoak jantan untuk melihat apakah kecoak jantan dapat melakukan pembuahan hanya dengan feronom saja.

Hasilnya, kelompok yang memiliki lebih dari tiga kecoak betina memiliki pertumbuhan paling cepat dari pada kelompok lainnya. Sedangkan pada kelompok kecoak jantan yang dikebiri tidak ada penambahan dan perubahan apapun terhadap populasinya, meskipun telah diberikan feromon seks betina.

Selain itu ada juga perbedaan angka kehidupan pada telurnya. Hanya 30 persen dari seluruh populasi dapat menetas secara aseksual, sedangkan 47 persennya adalah hasil reproduksi secara seksual. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa adanya kecoak jantan sangat membantu proses pembuahan hingga penetasan telur.

Di sisi lain, hanya reproduksi seksual yang dapat menghasilkan kecoak jantan dan betina, sedangkan aseksual hanya mampu memproduksi kecoak betina.

Namun, sejatinya Kecoak betina mampu meneruskan keturunan meski tanpa ada proses pembuahan, di mana telah dilakukan penelitian terhadap reproduksi aseksual pada kecoak yang mana peneliti mengisolasi 15 ekor kecoak betina dewasa dalam waktu tiga tahun dan ada pertambahan populasi hingga 300 kecoak betina.

Oleh sebab itu meskipun di rumah Anda terdapat satu kecoak betina, maka secara cepat atau lambat dia akan terus berkembang dan mempuat populasi baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here