Polusi Udara Semakin Menggila, Banyak Negara Terapkan Berbagai Macam Cara untuk Atasinya

172 views
© fiafoundation.org

Sampai sekarang ini, banyak cara dilakukan oleh banyak pihak di seluruh dunia, mulai dari yang biasa dan masuk akal sampai dengan yang tingkat ekstrem. Hal tersebut dilakukan karena menurut World Health Organization (WHO), sampai saat ini diperkirakan bahwa sekitar 92 persen populasi di dunia terekspos udara kotor yang berasal dari beragam sumber.

Contoh-contoh cara yang dilakukan seperti yang dilakukan oleh banyak sekolah di London yang mewajibkan seluruh anak didiknya untuk mengenakan masker dan menghindari jalan raya yang padat. Tidak hanya itu saja, seperti di beberapa kota besar di dunia, Paris, Atena, Meksiko City dan Madrid, melarang penggunaan bahan bakar disel di tahun 2025 nanti yang mana telah dilakukan oleh pemerintah Kota Stuttgart, Jerman sekarang ini.

Selain karena masalah polusi kendaraan akibat banyaknya mobil atau motor yang digunakan, polusi udara tersebut juga disebabkan oleh penggunaan bahan bakar kayu dalam memasak atau juga hasil dari industri.

Oleh karenanya, seperti yang dikutip dari BBC.com (6/3/2017), para peneliti dari University of Leicester mencoba menggunakan alat portable yang dapat memonitori pergerakan udara kotor secara tepat untuk digunakan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan sehari-hari akan udara bersih.

Contohnya saja seperti yang dilakukan oleh seorang remaja bernama Logan Eddy (14) ini. Dia ke mana-mana selalu membawa alat tersebut di dalam tas untuk merekam dan mencatat semua udara kotor di tempat-tempat yang dilalui atau dikunjunginya. Setelah itu, dia akan mengetahui berapa kadar udara kotor dan bersih di tempat-tempat tersebut.

Selain yang sedang dikembangkan oleh para peneliti dari University of Leicester itu, ada banyak sekali metode lain yang berupa penciptaan alat digunakan untuk memerangi polusi dan udara kotor tersebut, seperti yang dilakukan oleh para ilmuwan dari bath University dengan menggunakan robot atau lainnya.

Tentunya, bukan suatu hal yang aneh kenapa banyak pihak berlomba-lomba untuk memerangi polusi dan udara kotor ini. Hal tersebut dikarenakan semua manusia pada dasarnya membutuhkan udara bersih untuk hidup dan juga ingin tetap sehat serta jauh dari paparan polusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here