Lebih Sehat Mana Antara Berjalan Kaki dan Bersepeda Saat Pergi ke Kantor?

666 views
© huffingtonpost.com

LazNews! – University of Glasgow telah meneliti tingkat kesehatan dari seperempat juta orang selama lima tahun, di mana mereka telah membuktikan bahwa bersepeda saat pergi ke tempat  kerja dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 40 persen dan mengurangi resiko terkena kanker hingga 45 persen. Ditambah lagi, penggunaan sepeda saat pergi ke kantor juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selama masa studi hanya ada 37 orang dalam kelompok bersepeda yang  meninggal dunia,  sedangkan ada 63 orang yang meninggal pada kelompok yang pergi dan pulang dari tempat kerja menggunakan mobil atau transportasi umum. Sehingga Dr Jason Gill, dari institut ilmu kardiovaskular dan kedokteran di Universitas Glasgow, menyarankan kepada pemerintah untuk menghimbau warganya agar lebih sering menggunakan sepeda saat beraktivitas.

Para ahli memberikan gambaran solusi untuk merealisasikan program tersebut agar pemerintah mampu memberikan banyak kemudahan bagi pengendara sepeda, seperti adanya jalur khusus bagi pesepeda, penyewaan sepeda, dan pemberian pengaturan siklus alat transportasi yang lebih memudahkan para pengguna sepeda.

Selain itu berjalan kaki ke tempat kerja ternyata juga bagus untuk kesehatan, meski tidak menawarkan manfaat yang sama seperti saat mengendarai sepeda. Secara keseluruhan berjalan menuju saat pergi dan pulang dari tempat kerja dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 27 persen, tapi tidak ada kaitannya antara berjalan kaki dengan penurunan risiko kanker.

Di sisi lain, orang yang lebih memilih untuk berjalan kaki ke tempat kerja setidaknya harus berjalan kaki minimal dua jam dalam satu minggu dengan kecepatan rata-rata tiga mil perjam untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

“Berjalan kaki saat bekerja memiliki tingkat risiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung. Sedangkan bersepeda saat bekerja bukan hanya menurunkan penyakit jantung, tapi juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker dan penyebab kematian secara umum. Kemungkinan karena pejalan kaki menghasilkan jarak yang lebih pendek dari pada pesepeda, biasanya pejalan kaki hanya dapat menempuh enam mil per minggu, sedangkan pesepeda menghasilkan jarak 30 mil per minggu. Selain itu berjalan kaki secara umum memiliki intensitas latihan yang lebih rendah daripada bersepeda,” ungkap Dr Carlos Celis-Morales, dari University of Glasgow, seperti yang dikutip dari Telegraph.co.uk (19/4/2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here