Tradisi Thailand Buat Seekor Kura-kura Harus Menelan 915 Koin dan Menginfeksi Perutnya

204 views
© express.co.uk

Apabila Anda akan pergi ke atau dari Bali atau juga ketika berada di dermaga, tentunya kerap menjumpai sejumlah anak atau remaja yang berenang-renang di pinggiran pantai di dekat balok-balok dermaga. Mereka melakukannya untuk mencari koin yang dilemparkan oleh orang yang lewat.

Ternyata pelemparan koin ke laut tersebut juga ada di Thailand. Di Negara Gajah Putih itu, tradisi melempar koin tetap terjaga sampai sekarang. Mereka yang melemparkan koin, khususnya ke arah kura-kura yang sedang berenag, dipercaya akan mendapatkan mukjizat berupa umur yang panjang.

Sayangnya, tradisi ini harus ditanggung seumur hidup oleh para kura-kura karena mereka mengira koin-koin yang dilemparkan adalah makanan dan mereka memakannya. Hal tersebut seperti yang dialami oleh seekor kura-kura betina di timur Kota Sri Racha. Kura-kura tersebut telah memakan sekitar 915 koin sepanjang hidupnya.

Seperti yang dikutip dari Gizmodo.com (6/3/2017), dikarenakan hal tersebut, 5 ahli bedah dari fakultas kedokteran hewan Universitas Chulalongkorn, Bangkok mencoba menolongnya dengan mengoperasi kura-kura yang diperkirakan berusia 25 tahun tersebut.

Operasi itu memerlukan waktu selama 4 jam lamanya dan dijumpai ratusan koin yang berkumpul menjadi satu dalam bentuk bola berat dengan bobot sekitar 5 kilogram di dalam perutnya. Rata-rata koin yang bersemayam di perut kura-kura itu sudah mengalami korosi.

Karena sudah berulang kali memakan koin yang dilemparkan turis lokal ataupun mancanegara tersebut, sang kura-kura yang dijuluki “Bank” itu mengalami peradangan yang menyebabkan infeksi parah pada bagiah perutnya. Bahkan terdapat permasalahan pada cangkangnya karena hal tersebut.

Setelah ditempatkan di sebuah kolam air berbeda sembari menunggu luka hasil operasi tersebut sembuh, Bank akhirnya kembali dilepaskan ke habitat aslinya. Sayangnya, belum ada kepastian apakah nantinya tradisi melempar koin itu masih diperbolehkan atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here