Canggih! Dokter Bisa Analisa Masalah Otot dengan Sarung Tangan Ini

224 views
© newatlas.com

Ketika seseorang datang ke dokter untuk memeriksakan masalah kekakuan pada ototnya, rata-rata pakar medis tersebut hanya membolak-balik dan melihat kondisi bagian tubuh yang kaku tersebut dengan memberikan analisis berdasarkan perasaan dan penglihatan mereka saja.

Tentu saja karena itu, maka dapat dikatakan akurasinya tidak dapat dianggap tepat 100 persen, karena rata-rata kekauan otot dengan kondisi seperti cerebral palsy atau multiple sclerosis juga memiliki ciri serupa dengan kekakuan otot biasa. Bahkan satu dokter dengan dokter lain dapat berasumsi berbeda yang mana akan menghasilkan penanganan dan pemberian obat yang berbeda pula.

Untung saja sekarang ini sudah ada alat khusus yang dapat digunakan untuk menganalisis kekakuan otot secara tepat yang diciptakan oleh para peneliti dari University of California San Diego dan Rady Children’s Hospital.

Alat yang terhubung dengan serangkaian perangkat elektronik tersebut berbentuk seperti sarung tangan yang dilengkapi dengan 300 sensor yang terpusat di bagian depan dengan accelerometer di bagian belakangnya. Alat yang sekarang ini masih berupa prototype tersebut juga terhubung degan komputer menggunakan kabel USB.

Seperti yang dikutip dari NewAtlas.com (21/4/2017), ketika seorang dokter atau orang yang mengenakannya menggerakkan tangan, maka perangkat tersebut akan mengukur berapa banyak kekuatan yang dibutuhkan dan dihasilkan. Pada saat yang sama, accelerometer akan mengukur seberapa cepat tungkai mengalami pergerakan.

Setelah itu, program khusus yang berfungsi sebagai pengukur via komputer akan merancang serangkaian data untuk memberikan jawaban terkait kekakuan otot yang diderita secara spesifik dan detail.

Untuk mengujicobakannya, para ilmuwan menciptakan sebuah lengan mekanik yang dapat bergerak dan dittekuk agar dapat menimbulkan tingkat resistensi yang mana nantinya sensor pada sarung tangan itu akan mendeteksi adanya pergerakan setiap tungkai robot itu mirip dengan lengan.

Walaupun belum sepenuhnya sempurna, para ilmuwan yang bekerja dalam pembuatan sarung tangan ini akan berusaha memaksimalkan dan mengembangkannya sampai batas final dan diharapkan dapat menjadi sarana pembantu para pakar medis dalam membuat analisis dan diagnosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here