Para Peneliti Ubah Botol Kaca Bekas Menjadi Baterai yang lebih Hebat dari Lithium Ion

272 views
© indianexpress.com

LazNews! – Selain botol-botol plastik yang dianggap sebagai polusi di kemudian hari karena hanya menjadi sampah yang menumpuk setelah tidak terpakai lagi dan sulit untuk didaur ulang menjadi bahan mentah lagi, botol-botol kaca juga sama. Bahkan, botol-botol kaca ini hanya akan menjadi onggokan sampah yang kurang bermanfaat jika sudah tidak digunakan lagi.

Berkaca pada hal tersebut, ternyata para ilmuwan dari University of California Riverside (UCR) memiliki ide blirian yang mana mencoba mendaur ulang botol-botol kaca tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, yaitu mengubahnya menjadi baterai khusus yang terbuat dari silicon anoda yang berasal dari botol tersebut.

Selama ini, baterai berjenis Lithium Ion yang terbuat dari lithium katoda digunakan sebagai sumber daya mulai dari perangkat mobile sampai dengan kendaraan listrik. Hanya saja, penggunaannya dianggap kurang efisien lagi sekarang ini.

Jika dibandingkan dengan baterai ciptaan para ilmuwan dari UCR tersebut, nampaknya baterai dari silicon anoda lebih mampu menyimpan tenaga 10 kali lebih besar dari grafit.

Seperti yang dilansir oleh NewAtlas.com (21/4/2017), para peneliti dari UCR tersebut menumbuk atau menggiling botol-botol itu sampai menjadi serbuk halus kemudian silicon dioksida yang terdapat didalamnya dreduksi menjadi silicon berstruktur nano dengan menggunakan bantuan magnesium panas.

Setelah itu, partikel-partikel berukuran nano itu akan dilapisi dengan menggunakan karbon yang mana dapat membuatnya lebih stabil dan mampu menyimpan energi dalam jumlah besar. Ketika diujicobakan, baterai dari silicon anoda tersebut mampu menyimpan tenaga sampai sekitar 1.420 mAh/gram dan cukup besar dibandingkan dengan bahan yang terbuat dari grafit seperti yang digunakan di rata-rata baterai lithium Ion, yang hanya mampu menyimpan energi sebesar 350 mAh/gram.

Dengan keberhasilan penelitian ini, para periset mengatakan bahwa selain dapat menjadi jawaban untuk memerangi sampah botol kaca, pembuatan baterai dari serbuk kaca itu juga dapat berguna bagi manusia, sekaligus sangat murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here