Heroik! Pria Ini Gendong Anak Gajah yang Terjebak Diparit

54 views
Palanichamy Sarathkumar menjadi viral setelah dia membopong seekor anak gajah di punggungnya yang terjerembab di sebuah parit 12 Desember lalu.(Forest Department India via BBC Indonesia)

LazNews! – Sebuah foto yang menampilkan lelaki menggendong anak gajah menjadi viral di media sosial. Pria yang bernama Palanichamy Sarathkumar tersebut tengah menyelamatkan anak gajah yang terjerembab di parit dan terpisah dari induknya.

Seperti diwartakan okezone.com, pria yang bekerja petugas penjaga hutan yang ditugaskan di dekat Mettupalayam, 50 kilometer dari bukit Ooty India tersebut awalnya mendapat telepon dari seseorang mengenai gajah betina yang menghalangi jalan.

“Sang penelepon memberitahu saya bahwa ada seekor gajah betina menghalangi jalan di dekat kuil Vanabhadra Kaliamman,” kata Sarathkumar.

Penjaga hutan akhirnya bisa menyingkirkan gajah betina yang dianggap menggangu tersebut. Pengusiran dilakukan dengan cara menyulut kembang api.

Selanjutnya, tim petugas melanjutkan dengan melakukan penelusuran ke wilayah sekitar guna mencari gajah lainnya.

“Kami melihat anak gajah ini terjebak di dalam parit kecil,” katanya.

Sarathkumar mengisahkan bagaimana anag gajah tersebut nampak panik dan kebingungan.

“Anak gajah itu terlihat lelah dan kebingungan, jadi kami memindahkan batu besar yang menghalangi jalannya dan membawanya keluar,” lanjutnya.

Ia menilai jika anak gajah ini perlu segera bertemu dengan induknya. Sang Induk pun pasti gelisah karena terpisah dengan anaknya. Akan tetapi ada masalah dengan anak gajah yang baru saja berhasil ia keluarkan dari parit tersebut. Gajah yang berbobot kurang lebih 100 kg itu masih sangat lemah untuk bisa berjalan.

“Awalnya kami berempat mencoba mengangkat anak gajah itu,” kata Sarathkumar.

Akan tetapi niatan tersebut dibatalkan karena pertimbangan faktor keselamatan. “Kami ingin membawanya ke pinggir jalan agar bisa bertemu kembali dengan induknya. Tapi khawatir diserang gajah-gajah lainnya, karena induknya masih di sana.”

Oleh sebab itulah, Sarathkumar memutuskan untuk menggendongnya sendirian meskipun ia akui jika cukup berat.

“Jadi, daripada kami berempat beresiko, saya memutuskan untuk membopong anak gajah itu sendirian menyeberang jalan. Anak gajah itu sangat berat. Saya langsung menggendongnya,” katanya.

Anak gajah tersebut lantas dilekatkan di dekat lubang air dengan harapan bisa ditemukan oleh induknya. Akan tetapi setelah ditunggu selama beberapa jam, sang induk tidak juga muncul.

Tim petugas akhirnya meninggalkan lokasi karena mereka khawatir jika induk enggan mendekat karena menyadari kehadiran manusia.

“Keesokan harinya ketika saya pergi lagi ke sana, anak gajah itu sudah tidak ada di sana. Tapi saya bisa melihat ada jejak-jejak seekor gajah besar di hutan. Sepertinya mereka sudah bertemu sebelum matahari terbit dan masuk ke hutan,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here