Hukuman Paling Mengerikan atas Kekeliruan

Jika kamu melakukan kesalahan, misalnya di ruang terbuka mengucapkan sesuatu yang keliru dan menyesatkan pemahaman orang banyak. Dan itu berkali-kali. Menurutmu, apa hukuman yang paling engkau takuti? Ganjaran apa yang bagimu sulit untuk dihadapi?

Ditertawakan orang banyak? Dicemooh publik? Atau bahkan dipenjara? Apakah itu hal-hal yang paling mengerikan yang engkau bayangkan sebagai resiko atas kekeliruanmu?

Bagi saya, dicaci maki karena melakukan kesalahan adalah resiko paling ringan. Ditertawakan orang banyak karena keliru juga bukan hukuman yang berat. Bahkan dipenjara sekalipun tidak masuk dalam kategori konsekuensi terburuk atas perbuatan salah kita.

Ada hukuman terberat, ganjaran paling menyesakan batin. Apa itu?

Orang yang masih sehat hatinya, jiwanya belum terganggu, nuraninya masih terjaga, maka akan setuju jika hukuman ini adalah yang paling menyiksa. Apa itu?

Manusia yang masih menyisakan sebutir saja rasa malu dalam hatinya, maka ia akan sepakat bahwaa hukuman ini adalah yang paling bisa membuatnya susah tidur. Apa itu?

Jika ada orang terang-terangan melakukan kesalahan di depan umum, tetapi orang-orang disekitarnya malah bangga, bertepuk tangan dan memujanya. Mereka mengelu-elukan namanya, menganggapnya sebagai manusia pilihan. Maka itu pasti siksaan yang paling berat.

Orang dengan hati waras pasti malu jika dari banyaknya kekeliruan yang ia bikin tetapi orang lain masih memujanya.

Orang dengan jiwa yang tak terganggu kesehatannya pasti gelisah melihat banyak yang mengelu-elukan dirinya, padahal jelas-jelas telah melakukan kekhilafan.

Orang dengan kesadaran nurani yang baik mestinya akan berontak kalau orang lain tetap menganggapnya sebagai manusia hebat padahal nyata-nyata melakukan kekonyolan.

Mungkin kalo Dilan tahu itu semua, dia akan bilang: “Kamu gak akan sanggup menanggung hukuman itu, biar Capres saja”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here